Monday, April 26, 2010

Pilih BIS atau BES untuk Blabckberry Anda?

Apabila anda pengguna baru Blackberry maka anda harus memilih salah satu paket layanan yang disediakan oleh operator, yaitu BIS atau BES. Apa sih BIS/BES? BIS singkatan dari Blackberry Internet Services, yang memberikan akses internet pada Blackberry. BIS layaknya seperti ISP pada handphone, setiap saat Blackberry bisa mendapatkan email dan digunakan untuk akses internet melalui BIS ini.

BES singkatan dari Blackberry Enterprise Server yang bisa memberikan Blackberry akses ke intranet perusahaan. Intranet merupakan jaringan dalam suatu perusahaan yang bersifat pribadi dan internal perusahaan.

Selain perbedaan layanan seperti tersebut diatas, kedua jenis ini juga berbeda dalam hal “harga”. Untuk layanan dari teklomsel, paket BIS misalnya harus “ditebus” Rp 180 ribu per bulan (saya pake ini), sedangkan paket BES Rp 300 ribu per bulan. Sepengetahuan saya, paket dari operator lain lebih murah dibandingkan harga di atas dengan kualitas layanan yang tidak jauh bberbeda.

Perbedaan BIS dan BES
Pada BIS, server dijalankan oleh Operator Seluler. Semua yang berasal dari BIS ke handheld merupakan data terenkripsi, namun dengan tingkat keamanan yang cukup baik. Operator seluler bisa menentukan applikasi apa saja yang ada pada handphone Blackberry dan bagaimana aplikasi tersebut berkomunikasi dengan internet.

Sedangkan pada BES, yang menjalankan server adalah perusahan “pembeli” layanan tertsebut, yaitu bagian IT. Badian IT perusahaan tersebut yang mengontrol segala sesuatu di server BES.

Kesimpulan
[1] BIS memberi layanan hubungan langsung antara Blackberry dan operator dimana semua trafik akses lewat internet. Melihat layanan jenis ini maka tidak ada jaminan keamanan atas trafik data yang anda kirim atau terima. Sisi baiknya, tanpa harus melakukan seting gprs dengan repot, BIS dapat menyediakan layanan internet dan support email yang baik.

[2] BES memberikan jaringan langsung koneksi Blackberry dengan server kantor sehingga keamanan data terjamin, lebih fleksibel dan memberikan akses pada perusahaan untuk mengontrol semua sisi pengguna Blackberry pegawainya.
[3] Kalau paket BIS monitoring ada pada perusahaan pemberi layanan Blackberry (operator), maka pada BES maka monitoring dilakukan oleh bagian IT perusahaan pembeli layanan dimaksud. Dari sisi perusahaan maka keamanan sangat terjaga. Selain itu bagian IT kantor dapat membatasi akses ke perusahaan, terutama jika ada tindakan yang mencurigakan.

[4] Perusahaan kecil atau individu dapat memanfaatkan fitur BIS dengan baik dimana BIS memberikan hampir semua yang diinginkan. Sementara BES untuk organisasi yang lebih besar dengan sistem email internal dan infratruktur sendiri. Berikut adalah perbedaan lengkap layanan BIS dan BES :

BIS atau Blackberry Internet Service
BIS adalah layanan yang umumnya digunakan oleh individual atau small/medium office. Layanan ini sangat mendukung push email untuk keperluan bisnis atau pribadi.

1. Email dapat di push jika mail server tersebut didukung oleh teknologi POP 3 atau IMAP. Email yang diterima di handheld (Push Email) akan muncul dengan membutuhkan waktu sekira 30 detik sampai maksimum 20 menit.

2. Mampu untuk add email di handheld sampai 10 account BIS

3. User melakukan aktivasi dari webclient baik dari PC ataupun dari handheld BlackBerry

4. Tidak ada minimum berlangganan

Kekurangan dari layanan BIS adalah,
1. Syncronize email, calendar, task dan contact dilakukan secara manual via Desktop Manager.

2. Jika user adalah karyawan dari suatu corporate maka tidak dapat mengakses aplikasi internal (aplikasi inventory, reimbursement, etc)

3. Add contact dilakukan secara manual baik alamat email ataupun nomer telepon.

4. Jika user lupa password handheldnya, maka semua data yang ada di handheld (contact, email, sms, applications, etc) akan hilang.

5. Sangat tergantung server RIM atau mail server yg digunakan (yahoo, google, etc)

BES atau Blackberry Enterprise Server
BES sangat tepat digunakan perusahaan menengah ke atas, skala nasional atau multi nasional. Layanan ini sangat power full sehingga memudahkan user untuk melakukan aktivitas seperti halnya di PC.

1. Pelanggan BES Indosat otomatis menjadi pelanggan BIS Indosat juga.

2. Saat ini hanya dapat dinikmati oleh perusahaan yang sudah memiliki existing domain (@corporate.com or co.id or etc).

3. Support untuk mail server microsoft exchange, Lotus Domino dan Novell

Kelebihan layanan BES
1. Real time push email, calendar, contact and task

2. Push email mampu sampai dengan 12 account, termasuk email corporate dan master account (Pelanggan BES Indosat otomatis menjadi pelanggan BIS juga).

3. Pengguna BES dapat masuk ke aplikasi internal / intranet via BlackBerry

4. Dapat melakukan look up address ke seluruh karyawan yang terdaftar di perusahaan tersebut, data yang tersedia tergantung BES Administrator (Nama, alamat email, telp, HP, lokasi kerja, jabatan, etc)

5. Dapat melakukan enterprise activation via wireless device dimanapun (termasuk saat diluar negeri)

6. Administrator BES dapat melakukan IT Policy, reset password handheld, Kill Handheld, etc.

7. Tidak tergantung oleh server lain (Menggunakan BES server sendiri).

No comments:

Post a Comment